Custom Search

Horas Samosir Fiesta Untuk Kembangkan Kesenian dan Budaya Daerah

Dalam usianya yang baru 7 (tujuh) tahun, Kabupaten Samosir mengalami banyak perkembangan dan kemajuan yang sudah dapat dinikmati serta dirasakan masyarakat secara umum. Dalam RPJMD 2011-2015 Kabupaten Samosir mengusung visi “Samosir Menjadi Daerah Tujuan Wisata Lingkungan Yang Inovatif Tahun 2015″.

sebagai salah satu upaya pencapaian visi Kabupaten Samosir Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya melaksanakan kegiatan Horas Samosir Fiesta 2011”. Kegiatan ini merupakan program Pengelolaan Keragaman Budaya yang sejalan dengan agenda pembangunan dan pengembangan kepariwisataan sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Samosir, Renstra dan Renja SKPD, Tahun 2011.

Agenda tahunan Horas Samosir Fiesta 2011 merupakan suatu ajang untuk menggali dan mengangkat cerita legenda dan seni budaya dalam suatu konsep yang baik, akurat dan mampu mempromosikan pariwisata Kabupaten Samosir. Selain itu juga untuk membina generasi muda mengembangkan wawasan pengetahuan tentang Seni Budaya dan melatih kecakapan hidup di berbagai unsur seni.

Hal ini sekaligus dalam rangka promosi dan peningkatan program pemasaran dan pengembangan sektor kepariwisataan lewat tampilan dan lomba seni budaya.

Melalui Horas Samosir Fiesta 2011, diharapkan anak-anak remaja baik karang taruna, sanggar seni budaya dan grup-grup seni semakin trampil dan berpotensi untuk mengembangkan berbagai unsure seni budaya dan memiliki rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan nilai seni Budaya Batak.

Pelaksanaan Horas Samosir Fiesta 2011 sedikit berbeda dengan pelaksaaan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan sejalan dengan tujuan agar tersedianya suatu kegiatan lomba, pertunjukan sekaligus sarana hiburan bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Samosir. Pelaksanaan Horas Samsoir Fiesta 2011 digelar sejak bulan Mei hingga September 2011 di berbagai tempat di Kabupaten Samosir.

Berbagai materi yang diperlombakan pada Horas Samosir Fiesta 2011 adalah Lomba Uning-uningan, Lagu Trio Batak, Cipta Lagu Batak Irama Rumba, Tortor, Vokal Solo, Gondang Naposo, Mengukir Kayu, Paduan Suara serta juga akan menyelenggarakan pagelaran seni budaya pada puncak acara HSF 2011.

Ditulis oleh ANTARA Sumut

Followers