Custom Search

Opera Batak Meriahkan HUT TMII


PERTUNJUKAN kesenian tradisional opera Batak akan memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Ke-37 Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, Jumat (27/4).

"Pagelaran itu diselenggarakan dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata dari daerah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatra Utara," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemkab Tobasa Elisber Tambunan di Balige, Rabu (25/4).

Juru bicara Pemkab Tobasa itu menjelaskan, opera itu akan dipentaskan sanggar seni Yayasan Pusuk Buhit Sakti berasal dari Kecamatan Ajibata, sebagai salah satu upaya menarik minat para investor untuk menanamkan investasinya dalam sektor wisata di kawasan Tobasa.


Dia mengatakan, dalam pergelaran 'Malam Pesona Budaya' itu, sanggar seni tersebut akan mementaskan opera 'Asal Mula Tongkat Tunggal Panaluan', yang pada masa lalu diyakini masyarakat setempat memiliki kekuatan gaib, antara lain untuk meminta hujan dan menolak bala. Kisah itu berawal dari legenda sepasang kekasih yang tertimpa musibah.





Selain itu, katanya, akan dipentaskan 'Tari Sipitu Sawan' (sejenis tarian tortor) dengan iringan seperangkat alat musik tradisional Batak, yang akhir-akhir ini keberadaannya dinilai semakin kurang diminati generasi muda.

"Melalui pagelaran dimaksud, potensi pariwisata dari Kabupaten Tobasa diharapkan akan lebih dikenal di tingkat nasional bahkan hingga ke kancah internasional," ujar Elisber.

Pergelaran pesona budaya tersebut, kata dia, juga akan dimeriahkan beberapa artis Batak berasal dari ibu kota dan rencananya dihadiri sejumlah undangan termasuk para duta besar dari negara sahabat, serta anggota DPD dan DPR daerah pemilihan Sumatra Utara.

Sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat Batak yang berdomisili di Jakarta beserta para pemerhati pembangunan Tobasa akan turut menyaksikan pergelaran tersebut.

Elisber mengatakan, berbagai terobosan telah dilakukan guna memperkenalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya lainnya di kabupaten berpenduduk 217 ribu jiwa tersebut.

"Sejumlah even kreatif yang inovatif telah diagendakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tobasa guna menarik minat para wisatawan ke daerah tersebut," katanya

MEDIA INDONESIA



Followers