Custom Search

TOR TOR DIKLAIM MALAYSIA: Pemerintah pusat dan provinsi mesti proaktif


Ditjen Kebudayaan, Ditjen HKI bersama dengan Dinas Kebudayaan di tingkat provinsi dan kabupaten agar proaktif mendata seni tari, seni musik, dan seni lukis asli Indonesia.

Praktisi Hak atas kekayaan Intelektual (HaKi) Insan Budi Maulana mengatakan koordinasi pendataan seni budaya oleh 2 ditjen yang ada di dua kementerian bersama pemerintah provinsi diperlukan, agar klaim atas budaya asli Indonesia oleh negara lain tidak terulang kembali.

"Supaya tidak terulang lagi klaim dari negara lain, seharusnya Mendiknas [Dirjen Kebudayaan], Menkumham [Dirjen HKI] bersama Dinas Kebudayaan Provinsi dan kabupaten proaktif mendata seni tari, seni musik, seni lukis yang asli Indonesia," kata Insan melalui email yang diterima Bisnis Selasa, 19 Juni 2012.





Seperti diketahui Malaysia kembali membuat hubungan dengan Indonesia 'menghangat' berkaitan dengan rencana klaim Malaysia atas tarian Tor-Tor dan alat musik Gondang Sembilan yang berasal dari masyarakat Mandailing, Sumatra Utara.

Ricky Avenzora, Ketua Program Studi Pascasarjana Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJL) Fakultas Kehutanan IPB menjelaskan klaim itu juga mengindikasikan tentang sangat tingginya nilai berbagai budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia.

Hanya saja, kata dia, dalam waktu bersamaan juga menunjukkan sangat lemahnya kewibawaan dan kesadaran bangsa Indonesia secara keseluruhan.(api)

Bisnis Indonesia

Followers